Budget Acomodation – Penginapan Murah di Batam



Sumber Foto: t-ec.bstatic.com

Oleh Muhammad Natsir Tahar

Silakan eksplorasi semua pesona Batam tanpa perlu khawatir Anda akan kehabisan dana. Banyak sekali pilihan bagi turis lokal maupun asing yang ingin melakukan city tour dengan budget yang tetap terkendali. Mulai dari memilih moda transportasi, menu makanan, produk belanjaan sampai tempat penginapan, semua tersedia dengan tarif minim.

Memilih tempat penginapan yang nyaman, bersih dan murah namun memiliki tingkat aksesibilitas yang tinggi terhadap berbagai fasilitas selalu menjadi pilihan yang tepat. Bagi sebagian orang berduit, hotel mahal tidak jadi soal, namun merupakan langkah bijak jika mulai melirik hotel melati, jika Anda bermaksud memperpanjang waktu kunjungan ke pulau eksotis ini.

Berbeda dengan hotel bintang bernuansa resort, hotel kelas melati justru beroperasi di pusat kota. Letak yang strategis dengan akses yang sangat dekat dengan segala kebutuhan Anda selama berwisata adalah keistimewaannya. Di jantung kota Batam tercatat paling sedikit 80 hotel kelas melati yang masih beroperasi. Tersebar di beberapa titik di Nagoya, Jodoh, Penuin, Windsor, Pelita, Seraya dan Batam Center. Tarif yang ditawarkan amat beragam antara Rp 90.000,- sampai Rp 180.000,- per malam.

Ada pula beberapa penginapan menyediakan tarif sangat minim yakni Rp 50.000,- sampai Rp 65.000,- saja. Tentunya fasilitas yang ada di penginapan ini lebih sederhana. Hanya ada kipas angin dan televisi model lama. Dapat Anda temui di seputaran Jodoh, Pelita dan Penuin. Sedangkan hotel melati bertarif di atas Rp 90.000,- per malam dianggap sudah memenuhi standar penginapan yang nyaman. 

Biasanya sudah dilengkapi pendingin udara, TV Kabel dengan central video dan pemanas air. Bahkan untuk kelas superior dengan tarif di bawah Rp 200.000,- sudah terdapat bath up, hair dryer dan mini bar. Di sini juga tersedia sarapan pagi aneka menu hampir sekelas hotel berbintang.

Beberapa hotel non bintang yang menyediakan fasilitas lengkap seperti ini antara lain Limindo Pasifik Hotel yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Nagoya, New Furama Hotel di Nagoya Bussines Centre dan Sky View Hotel di Komplek Palm Spring Bussines Trade Centre, Batam Center.

Di Batam banyak sekali pilihan untuk budget acomodation. Tarif murah di bawah Rp 200.000,- tidak hanya disediakan oleh hotel kelas melati, beberapa hotel bintang satu dan dua juga ikut perang tarif. Jika Anda rajin memilih, Anda akan menemukan hotel berbintang yang murah meriah. 

Poin yang Anda dapatkan tentunya banyak sekali karena di hotel ini juga tersedia night club, fitness centre, restoran, SPA dan massage. Juga tersedia taxi service selama 24 jam. Tarif khusus untuk hotel berbintang di bawah Rp 200.000,- jarang ditemukan pada Sabtu dan Minggu. Namun pada hari-hari biasa, tarif tersebut sering terpajang di meja resepsionis.

Banyak cara yang dilakukan oleh bisnis perhotelan untuk meningkatkan occupancy rate. Bahkan hotel kelas melati dan hotel berbintang harus perang tarif untuk merebut konsumen. Akhirnya yang makin diuntungkan adalah para visitor. Bagi Anda seorang back packer alias yang tidak butuh-butuh amat penginapan dapat saja mencuri waktu-waktu khusus untuk menikmati pelayanan hotel atau beristirahat sejenak. Di Batam banyak hotel yang menyediakan paket short time dan after midnight. Room rate-nya bisa separoh harga dari normal.

Hotel bintang dan non bintang di Batam juga menyediakan paket long stay. Harga berkisar Rp 1.500.000,- sampai Rp 3.000.000,- per bulan. Bagi Anda yang ingin memperpanjang waktu kunjungan ke Batam dapat menegosiasikan paket ini untuk per dwimingguan atau per sepuluh hari.

Karena begitu dekatnya hotel-hotel non bintang ini dengan pusat perbelanjaan, Anda bahkan tidak membutuhkan sarana transportasi untuk berkeliling Nagoya atau Jodoh. Beberapa shoping center di Batam dapat dijangkau hanya berjalan kaki dari penginapan. Bagi para shopper, pilihlah hotel yang paling pas dan nyaman di bilangan Nagoya – Jodoh. Di sentra bisnis ini terdapat puluhan hotel murah meriah yang akan menambah kenyamanan dan pengalaman Anda selama berkunjung ke Batam. ~MNT

by: muhammad natsir tahar@majalah visitbatam


Comments

Iwan said…
Dulu kami tinggal di apartemen Batamholiday. Cukup bagus dan murah jika ada teman2 berkumpul