Batam, Indonesia Mini dan MICE



Oleh Muhammad Natsir Tahar

Batam adalah pintu gerbang Indonesia. Mengunjungi Batam berarti Anda akan dibawa mengenal lebih jauh tentang “Indonesia Mini”, karena Batam sangat plural. Sejak bermulanya fase Industrialisasi tiga dekade silam, pulau ini dijejali kaum urban dari berbagai belahan Nusantara. Statistik mencatat, hingga 2014 penduduk Batam hampir mencapai 1,3 juta jiwa. Mereka berbaur dan hidup rukun bersama etnis Melayu sebagai tuan rumah.
Terletak di lokasi strategis yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, Batam memang telah didesain Pemerintah Indonesia sebagai sentra pengembangan pariwisata, mendampingi industri, perdagangan dan alih kapal. Semua itu bukan tanpa alasan, selain berada di posisi yang istimewa, Batam dikarunai alam bahari yang eksotis.

Gugus pulau dan pantainya mengundang decak kagum. Lebih dari itu Batam adalah pusat entertainment dan window shopping. Saban minggu pada akhir pekan, Batam dijejali para turis asing dan domestik untuk menikmati hiburan, berbelanja serta berpelesir ke tepian pantai dan pulau-pulau cantik di sekitarnya.
Anda akan temukan Batam sebagai kota unik yang tiada duanya. Ia adalah manifestasi penggabungan kota industri yang modern dengan lingkungan alam yang memesona serta penduduk multi etnik yang hangat dan ramah. Dari derasnya kunjungan ke Batam, tidak hanya sebagai kunjungan wisata namun juga untuk temu bisnis, seminar, konvensi, selebrasi dan eksibisi, kota pulau ini makin menegaskan dirinya sebagai MICE City. MICE adalah singkatan dari Meeting, Insentive, Ceremony and Exhibition.
Fasilitas penunjang untuk mengakses Batam sebagai kota MICE demikian lengkap. Mulai dari bandara bertaraf internasional, terminal ferry yang terhubung ke Singapura dan Malaysia tersedia di banyak titik serta hotel dengan layanan kelas dunia mampu mengakomodasi semua kebutuhan para visitor.

Pertemuan tingkat internasional G to G juga kerap diadakan di Batam. Belum lama ini Presiden SBY dan PM Australia Tony Abbott melangsungkan pertemuan di Turi Beach Resort. Ini adalah rangkaian dari berbagai pertemuan penting bertaraf antara bangsa yang memilih Batam sebagai lokasi pertemuan.
Demikian juga dalam even eksibisi, Batam tercatat sebagai kota yang paling banyak melangsungkan kegiatan pameran secara periodik. Pertemuan bisnis, seminar-seminar sampai launching produk nasional juga kerap dilaksanakan di sini. Posisi strategis sebagai dan tempat transit di tiga negara yakni Indonesia, Singapura dan Malaysia adalah faktor penyebab kegiatan MICE di Batam semakin mendapat tempat. Ditunjang pula oleh kebijakan pemerintah untuk memberikan berbagai kemudahan tarif atau insentif. ~MNT

Comments