Primata dan Modernisme




Oleh Muhammad Natsir Tahar


Darwinisme menyebut manusia sebagai organisme terpintar dalam kerajaan hewan, meski ada perdebatan apakah cetaceans seperti lumba-lumba dapat saja mempunyai intelektual sebanding. Manusia adalah satu-satunya hewan yang terbukti berteknologi tinggi. Manusia memiliki perbandingan massa otak terbesar di antara semua hewan besar.

Paham ini tentunya keterlaluan dan melangkahi dogma karena kasta manusia sejatinya diletakkan di tengah – tengah antara hewan dan malaikat. Manusia tidak dibaurkan dengan makhluk melata, merayap, berenang atau terbang. Manusia itu Chalip – khalifah - yang punya kemampuan untuk mengendalikan bumi sekaligus mengandangkan semua hewan.

Charles Darwin dengan kasar menyebut manusia sebagai hewan primata yang tiba – tiba punya otak dan muncul sebagai pemenang. Dengan mengumandangkan Teori Evolusi ia menyebut fakta tentang kera yang mempunyai DNA sangat mirip dengan manusia, sehingga teori ini secara logis bisa diterima.

Namun Darwin dapat dipatahkan karena ia gagal mengungkap missing link atau hubung-kait yang lepas dari proses evolusi manusia dari kera hingga manusia modern. Missing link ini masih belum dapat ditemukan penyambungnya, sehingga Darwin sulit diterima. Sebagian besar penganut agama Samawi mempunyai teori Sudden Creation yaitu manusia diciptakan langsung oleh Tuhan dan tidak melalui proses evolusi dalam imajinasi Darwin.

Manusia secara umum terus mengembangkan kemampuan otaknya yang mulai terlihat sejak zaman Batu Muda (Neolitikum).  Melewati titian masa kebudayaan Megalith, zaman logam, modern dan – sedang – menuju post modern.

****

Literatur tentang Posmodernisme sesuai Nietzsche dan Heidegger mengaitkannya sebagai sebuah tanggapan terhadap paham modernisme yang menekankan rasionalitas, keutuhan, koherensi, logika dan sistematika berpikir. Bagi para pemikir posmodern, pola berpikir yang dipakai dunia adalah pola berpikir khas peradaban Barat yang dipaksakan ke seluruh dunia melalui proses penjajahan. 

Menurut Akademisi Reza Wattimena, sebagai sebuah aliran pemikiran, posmodernisme mengandung dua hal yang saling bertentangan, yakni sikap nihilistik di hadapan dunia, serta sikap revolusioner untuk menantang segala hal yang menindas. 

Di dalam perkembangannya, posmodernisme pun melahirkan banyak cabang pemikiran, mulai dari analisis gender, semiotika sampai dengan filsafat politik. Nuansa revolusioner kemudian menipis, digantikan dengan nuansa nihilistik, yakni penghancuran total semua narasi yang strukturalis dan sempit.

Posmodernisme untuk beberapa masa ke depan akan sulit diterima dan mendapat penentangan. Hal ini terlihat dari gelagat manusia modern yang sulit memisahkan dirinya dengan romantisme masa lalu, patriotisme, feodalisme dan paham rasisme untuk unggul dari bangsa lain. 

Amerika yang disangka – sangka paling terbuka dan modern di atas bumi ini justru banyak memilih Trump yang agresif dan rasis. Fakta ini menjelaskan bahwa tingkat modernitas manusia baru sebatas pada teknologi, bukan kepada pola pikir.  Untuk menjadi modern saja sudah abu – abu apalagi berharap terciptanya masyarakat kosmo yang pos modernis.

****

Kamis, 23 Maret 2017, adalah hari gelap kesekian kalinya bagi kota Mosul, Irak. Kota itu mengalami pemboman besar-besaran dari Koalisi Amerika Serikat (AS) selama lebih dari tiga hari. Pada Jumat, 24 Maret 2017, sudah ada sekitar 150 mayat terkubur reruntuhan bangunan yang terkena bom. Di tempat lain, Sabtu, 25 Maret, sekitar 80 mayat ditemukan di bangunan lain. Sampai sekarang tidak jelas, apakah para korban ini anggota ISIS, atau rakyat sipil biasa.

Serangan koalisi AS itu tidak berhenti. Bahkan, orang-orang yang berusaha menyelamatkan korban reruntuhan berbagai gedung juga ikut terkena bom. Sampai sekarang, sudah ada lebih dari 200 korban. Di antara para korban juga terdapat anak-anak.

****
Konsep keamanan kuno yang dilakukan oleh AS dan sekutunya yang masih menekankan peranan negara dan militer, dari konsep posmodernisme dianggap ketinggalan zaman dan lebih menyerupai metode abad lampau dan diselubungi sisa – sisa merkantilisme.

Ancaman keamanan tidak melulu muncul dari senjata tempur kuno, melainkan dari kemiskinan, pengangguran, kesenjangan sosial, ketidakaadilan sosial, pelanggaran HAM dan kekurangan gizi. Konsep keamanan yang baru menawarkan pendekatan yang lebih menyeluruh, mulai dari kesejahteraan fisik dan batin manusia, sampai dengan kelestarian alam. Di balik itu kepentingan AS dan sekutunya di Timur Tengah masih amat besar, terutama soal sumber daya minyak yang masih menjadi motor penggerak berbagai industri di dunia.

Ada tiga bagian otak manusia yakni otak Reptil untuk pertahanan dan makanan, kemudian otak Mamalia yang berfungsi di antaranya sebagai penyimpan memori, pengendalian emosi, metobolisme dan seterusnya. Yang terakhir adalah Neokorteks terbungkus di sekitar bagian atas dan sisi-sisi otak Mamalia. la merupakan 80% dari seluruh Tiateri otak manusia. Tugas Neokorteks adalah berpikir, berbicara, melihat, dan mencipta. Otak ini merupakan tempat kecerdasan manusia.

Politik internasional dengan senjata sembari mengamankan cadangan minyak adalah cara kerja otak Reptil. Otak ini mendominasi cara bertindak kera yang disebut Darwin sebagai nenek moyang manusia modern. ~MNT

#Penulis tentunya selalu sepakat untuk mengutuk aksi terorisme di mana pun di muka bumi ini.

Comments